Jumat, 22 Oktober 2010

Try Sutrisno: Soeharto Tak Perlu Gelar Pahlawan


Padangnews.com-Jakarta - Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa mengajukan 10 nama termasuk mantan Presiden Soeharto untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Bagi orang yang telah tiada, sebenarnya bukan gelar yang dicari melainkan amalan.

Hal itu dituturkan oleh mantan Wakil Presiden era Soeharto Try Sutrisno.

"Pak Harto tidak butuh itu, Pak Harto amalnya ikhlas. Sekarang tergantung dari bangsa ini," ujar Try Sutrisno kepada detikcom.

Hal itu dikatakan Try usai menghadiri acara Tahlilan 1.000 hari mengenang wafatnya mantan Presiden Soeharto di Masjid Agung At Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (21/10/2010). Try tampak hadir ditemani sang istri.

Try mengatakan, terlepas dari pandangan negatif terhadap sosok penguasa masa orde baru itu, masih banyak catatan positif yang Soeharto miliki. Soeharto di matanya Try adalah orang yang gigih berjuang untuk kemakmuran bangsa ini.

"Dari muda dia sudah berjuang serta merebut kemerdekaan kemudian mempertahankannya. Beliau juga menyelamatkan pancasila dan banyak yang lainnya. Untuk itu saya sangat menghargai jasa-jasa beliau," katanya.

Menanggapi berbagai kontroversi pemberian gelar pahlawan kepada Soeharto, Try menilai pemerintahlah yang berhak menilai layak atau tidaknya. Mantan purnawirawan TNI ini hanya bisa berpesan agar semua pihak saling menghormati.

"Itu terserah mereka. Silahkan saja (kalau ada yang kontroversi). Yang pasti saya ingin bangsa ini harus terlepas dari penyakit sirik, jahil dan fitnah. Kita harus menghargai orang tua, tanpa orang tua kita tidak bisa seperti sekarang ini," tegas pria yang mengenakan batik berwarna hijau ini.

Kesalahan Soeharto di masa lampau menurut Try tidak perlu diungkit-ungkit lagi. Apalagi jika yang bersangkutan telah tiada.

"Sebagai orang Muslim, Allah memerintakan agar kita kenang-kenanglah yang baik. Kalau yang buruk kata orang Jawa bilang pendem jero," ucapnya sambil tersenyum.
(lia/rdf/detik)

0 komentar:

Posting Komentar