Selasa, 12 Oktober 2010

23 Gerbong Terbakar, KNKT Tak Cari Siapa yang Salah

Padangnews.com-Gerbong kerera yang terbakar di Stasiun Rangkas Bitung, Banten (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Daerah Operasional I (Daop) melakukan penyelidikan terkait terbakarnya 23 gerbong kereta api di Stasiun Rangkas Bitung, Lebak, Banten, kemarin.

Kepala KNKT Tatang Kurnadi mengatakan pihaknya tidak akan terjebak untuk menentukan siapa yang bersalah dalam insiden Senin dini hari tersebut. Menurut Tatang, KNKT melakukan penyelidikan untuk dengan tujuan untuk memperbaiki keamanan, keselamatan, dan kenyamanan transportasi.

“Jadi jangan salah, KNKT melakukan penyelidikan untuk memberikan rekomendasi agar ada perbaikan selanjutnya, bukan untuk menentukan siapa yang salah,” ujar Tatang di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (11/10/2010).

Dia menjelaskan peran kepolisian dan KNKT dalam melakukan penyelidikan kecelakaan transportasi sangat berbeda.

“Polisi kan melakukan penyelidikan aspek hukum pidana, kalau kita tidak. Jadi tidak mungkin tumpang tindih,” terang pria pensiunan TNI Angkatan Udara ini.

Sesuai azas investigasi KNKT, terang Tatang, tujuan penyelidikan bukan untuk mencari pihak yang salahjuga bukan untuk meminta ganti rugi.

“Walaupun polisi meminta rekomendasi siapa yang salah, kami tidak bisa. Kami sangat menjunjung ketiga azas tersebut,” terangnya.
(ton)

0 komentar:

Posting Komentar