Senin, 11 Oktober 2010

Mourinho: Ronaldo Pertama, Messi Kedua

AFP/PHILIPPE DESMAZES
Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

Padangnews.com - Pelatih Real Madrid, menilai penyerang Barcelona, Lionel Messi, adalah pemain terbaik kedua, setelah anak didiknya, Cristiano Ronaldo.

"Ada dua pilihan, Cristiano dan Messi. Bila Anda mempertimbangkan Ronaldo nomor satu, maka Messi berada di urutan kedua. Namun, bagi saya, Cristiano adalah nomor satu," ujarnya.

Mengacu kualitas individu, keduanya memiliki karakter berbeda, yang bila dibandingkan akan menjadi tidak adil. Apalagi, keduanya sama-sama pernah menyandang gelar pemain terbaik. Sementara Ronaldo meraihnya pada 2008, Messi mendapatkannya pada 2009.

Ronaldo, yang saat itu masih membela Manchester United, meraih itu setelah mencetak 42 gol di semua ajang yang diikuti klub dan membawa MU menjuarai Liga Champions 2007-2008.

Musim berikutnya, ia mencetak 25 gol di berbagai ajang yang diikuti MU dan membawa MU menjuarai Premier League.

Akhir musim 2008-2009, ia pindah ke Real Madrid. Musim itu, Ronaldo mencetak 33 gol di semua ajang yang diikuti Madrid, sayangnya Madrid sendiri tak menjuarai apa pun pada musim 2009-2010.

Sementara itu, Messi meraih gelar itu setelah mencetak 38 gol di semua ajang yang diikuti Barcelona pada musim 2008-2009. itu diikuti dengan keberhasilan Barcelona menutup musim dengan tiga gelar, yaitu Liga Champions, Liga BBVA, dan Copa del Rey. Ia juga mendapat penghargaan personal sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions.

Itu masih ditambah dengan keberhasilan Barcelona menambah tiga gelar lagi, yaitu Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Musim lalu, Messi mencetak 43 gol di semua ajang yang diikuti Barcelona. Itu diikuti keberhasilan Barcelona menutup musim sebagai juara Liga BBVA. (GL/kompas)

0 komentar:

Posting Komentar