Selasa, 05 Oktober 2010

Atasi Kekumuhan di Indonesia, Butuh 25 Tahun

Padangnews.com-Luasan daerah kumuh di Indonesia tiap tahun makin meningkat. Data dari Kementerian Perumahan Rakyat menyebutkan, hingga 2010 luas areal kumuh mencapai 57 ribu hektare. Jumlah ini mengalami peningkatan tiga ribu hektare dibanding 2009.

"Ini jadi masalah utama pemerintah dalam pengadaan perumahan. Meski ada pembangunan rumah tiap tahun namun jumlah areal kumuh tidak berkurang," kata Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa dalam Konpres di Kantor Kemenpera, Senin (4/10).

Untuk mengatasi kekumuhan tersebut, lanjutnya, dibutuhkan pembangunan 2,5 juta rumah. Di mana 70 persennya dibangun secara horisontal dan 30 persennya vertikal.

Jika setiap tahun, hanya 100 ribu rumah yang bisa dibangun, maka Indonesia baru bisa bebas dari kumuh nanti 25 tahun kemudian. Itupun tidak ada penambahan kawasan kumuh.

"Kalau kawasan kumuhnya terus bertambah, maka Indonesia tidak akan bebas dari kawasan kumuh. Apalagi kalau pemdanya cuek dan tidak intens memperhatikan masalah tersebut," pungkasnya.(esy/jpnn)

0 komentar:

Posting Komentar