Jumat, 22 Oktober 2010

Diguyur Hujan, Ribuan Orang Tetap Berdatangan ke Kalitan



Padangnews.com-Solo - Hujan yang mengguyur Kota Solo semenjak sore, tidak menghalangi niat ribuan orang untuk menghadiri peringatan seribu hari wafat Pak Harto yang diadakan di nDalem Kalitan, Solo. Mereka datang untuk mengikuti dzikir tahlil yang diadakan oleh keluarga Soeharto.

Semenjak Kamis (21/10/2010) sore, warga sudah berdatangan di rumah keluarga Cendana di kawasan Kalitan, Laweyan, Solo, tersebut. Panitia menyebarkan 1.500 undangan, namun justru tamu yang datang sebagian besar tanpa undangan. Hingga berita ini ditulis, lebih dari 3.000 orang sudah memenuhi pendopo hingga tenda-tenda yang dipasang panitia.

Hujan deras yang mengguyur, tidak mempengaruhi undangan yang terus berdatangan. Bahkan tamu-tamu yang telah duduk di kursi, sebagian besar harus mengangkat kaki karena genangan air di bawah kursi semakin tinggi. Bahkan ratusan orang terpaksa harus berdiri bergerombol untuk berteduh dari guyuran hujan. Ratusan orang lainnya memilih berteduh di depan kompleks nDalem Kalitan dan di masjid di luar ndalem.

Acara peringatan diawali dengan sholat isya berjamaah, dilanjutkan didendangkannya santiswaran (lagu-lagu pujian dengan karawitan) yang membawakan Shalawat Rambu laras Pelog 6 dibawakan puluhan peraga.

Selanjutnya setelah pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh KH Nasiri al-Fansuri dari Banten, dilanjutkan sambutan keluarga yang disampaikan oleh Probosutedjo. Selanjutnya sebagai acara inti adalah pembacaan Surah Yassin, tahlil, dan dzikir yang dilantunkan seluruh hadirin.

Saat berita ini ditulis, acara inti tahlilan sedang berlangsung. Di akhir acara, akan dilakukan pelepasan burung merpati oleh keluarga.

Dari pantauan di lokasi, pihak keluarga yang menghadiri acara tersebut adalah Probosutedjo dan anak bungsu Soeharto, Siti Hutami Endang Adiningsih atau yang akrab disapa Mamiek Soeharto. Sedangkan sejumlah pejabat lokal baik sipil maupun militer juga terlihat hadir di acara tersebut.
(detik/mbr/rdf)

0 komentar:

Posting Komentar