Senin, 16 Mei 2011

Masyarakat Nagari tak Mesti Andalkan Bantuan Pemerintah

Padangnews.com-PADANG - Lomba nagari, kelurahan dan desa berprestasi tahun 2011 dilaksanakan agar masyarakat bersama unsur pemerintahan nagari, kelurahan dan desa bisa lebih mandiri.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar, Irvan Khairul Ananda. Menurutnya, perlombaan dilaksanakan agar masyarakat lebih berdaya dan tidak semata-mata mengandalkan bantuan dari pemerintah seperti dana nagari, kelurahan dan desa.

“Apabila ada dana pembangunan dari pemerintah, dana tersebut dijadikan salah satu stimulan dalam rangka merangsang masyarakat dalam berupa membangun nagari, kelurahan dan desa secara partisipasif,” kata Irvan Khairul Ananda kepada padangmedia.com kemarin di Padang.

Irvan Khairul Ananda mengatakan, apabila masyarakat, unsur pemerintah nagari, kelurahan dan desa tidak diarahkan untuk lebih mandiri, dikhawatirkan mereka tidak akan berdaya untuk membangun nagari, kelurahan dan desa masing-masing.

“Jadi, kita berharap bantuan itu sebagai stimulan sehingga masyarakat juga berupaya aktif dan mandiri,” ujarnya.

Irvan Khairul Ananda mengatakan, dari 656 nagari yang ada di Sumatera Barat, yang ikut lomba 11 nagari dan lima kelurahan serta dua desa. Perlombaan nagari, kelurahan dan desa berprestasi itu dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat bersama unsur pemerintahan nagari, kelurahan dan desa membangun nagari, kelurahan dan desa mereka. (musfah/padangmedia)

0 komentar:

Posting Komentar