Selasa, 30 November 2010

Pesinden Asal Jepang Manggung di UI

Padangnews.com-Jakarta - Tak cuma wanita-wanita Jawa yang lihai menjadi sinden. WanitaTebal Jepang pun piawai melantunkan tembang-tembang lagu Jawa tersebut. Siang nanti, pesinden asal Jepang Hiromi Kano akan menampilkan keahliannya di hadapan publik Indonesia.

Dalam rilis yang diterima detikcom dari Kedubes Jepang, penampilan Hiromi Kano ini akan berlangsung di Auditorium Gedung 1 Fakultas ILmu Budaya UI, Selasa (30/11/2010) pukul 11.30-13.00 WIB. Hiromi tidak tampil sendirian, melainkan dia akan ditemani oleh 5 orang pemain gamelan.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia dan FIB UI. Acara ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dalam proses pemahaman dan pendekatan pada budaya Indonesia untuk meningkatkan rasa saling pengertian dan memahami antara Indonesia dan Jepang.

Hiromi Kano lahir di Jepang pada 3 Januari 1967. Lulusan Tokyo College of Music ini pertama kalinya menginjakkan kaki ke Indonesia pada tahun 1988 silam. Pada tahun 1989, dia menggelar pertunjukan wayang Jawa pertama kali di Jepang.

Di Indonesia, Hiromi Kano tercatat telah beberapa kali berkolaborasi dengan para dalang ternama. Sebut saja Ki Slamet Gundono, KI Enthus Soesmono, sampai dengan Ki Manteb Soedharsono.

Sejak tahun 1996 sampai sekarang, Hiromi ikut tamnpil dalam pementasan bersama lebih dari 145 dalang dalam pementasan wayang kulit, pertunjukan musik gamelan di acara-acara pernikahan dan pagelaran karawitan. Sepuluh tahun lebih wanita asli Jepang ini berprofesi sebagai pesinden.
(anw/mei)

0 komentar:

Posting Komentar