Selasa, 09 November 2010

Obama Langsung Menuju Istana Merdeka

Padangnews.com - Sambil memegang tangan istrinya, Presiden AS Barack Obama menuruni tangga pesawat kepresidenan Air Force One. Kedatangan Presiden AS Barack Obama dan istri Michelle Obama disambut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan sejumlah pejabat. Pejabat lain yang turut menyambut adalah Dubes RI untuk AS Dino Pati Djajal, Gubernur Jakarta Fauzi Bowo, serta petinggi TNI AD, AU, dan Polri.

Obama sempat berbincang sebentar di karpet merah dengan Menlu sebelum naik ke limousine. Rombongan Obama kemudian langsung menuju Istana Merdeka, Jakarta dan akna mendapat mendapat sambutan kenegaraan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). iring-iringan kendaraan langsung melesat melalui Jalan Gatot Subroto-Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka Utara. Arus lalu lintas di sepanjang jalur yang dilalui telah dikosongkan dan arus kendaraan dihentikan dari berbagai arah.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal mengatakan, kedatangan Presiden Obama ke Indonesia menandai peningkatan hubungan Indonesia-AS melalui sebuah kemitraan strategis. Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan mendeklarasikan kemitraan strategis kedua negara.

"Hubungan Indonesia-AS sekarang lebih terstruktur. Ini mencerminkan hubungan Indonesia dan AS mengalami transformasi dan peningkatan signifikan," kata Dino. Kunjungan singkat Obama yang hanya dua hari, 9-10 November 2010, juga akan dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi serta transfer teknologi.

Selain mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Yudhoyono dan menghadiri makan malam kenegaraan di Istana Merdeka, Obama juga dijadwalkan berpidato di Masjid Istiqlal, mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan menyampaikan kuliah umum di kampus Universitas Indonesia di Depok./kompas

0 komentar:

Posting Komentar