Selasa, 14 Desember 2010

Indonesia Jaga Rekor Positif

Indonesia Jaga Rekor Positif

Padangnews.com-JAKARTA -- Kemenangan atas Filipina di semifinal tidak hanyak akan mendekatkan mimpi Indonesia untuk menjuarai Piala AFF untuk pertama kali. Kemenangan juga akan menjaga rekor positif Indonesia atas Filipina.


Dilihat dari rekor, Indonesia memang unggul segalanya dari Filipina. Tim Merah Putih mencetak sejarah sebagai tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia pada 1938.

Filipina sebaliknya sama sekali belum pernah mencicipi persaingan Piala Dunia. Padahal Azkals, julukan timnas Filipina, terbilang timnas sepakbola tertua di Asia. Filipina melakoni debut internasionalnya saat kalah 1-2 dari China pada 1912. Filipina juga menjadi satu dari 12 negara pendiri Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada 1954.

Di level Asia Tenggara, Indonesia dan Filipina memang sama-sama belum pernah juara. Tapi, skuat Garuda sudah tiga kali lolos ke final pada 2000, 2002 dan 2004. Indonesia juga dua kali meraih medali emas cabang sepakbola SEA Games 1987 dan 1991.

Indonesia semakin unggul dari Filipina jika melihat rekor pertemuan kedua tim. Dari 17 laga terakhir, Indonesia sukses mengalahkan Filipina sebanyak 16 kali. Indonesia berhasil melesakkan 78 gol dengan hanya kemasukan tujuh gol.

Satu lagi keunggulan Indonesia adalah timnas Indonesia memiliki Alfred Riedl. Pelatih berdarah Austria ini sangat paham dengan karakter sepakbola Asia. Maklumlah, dia sebelumnya juga pernah mengarsiteki timnas Vietnam dan Laos.

Indonesia unggul segalanya dari Filipina. Tapi, rekor tersebut menjadi sama sekali tidak berguna jika skuat Merah Putih gagal mempertahankan rekor positif tersebut.

Red: Didi Purwadi
Sumber: ABS-CBNnews

0 komentar:

Posting Komentar