Rabu, 18 Agustus 2010

Obama Mulai Diserang soal Masjid di Dekat Ground Zero

klik untuk melihat foto
Obama
Padangnews.com-Senator pemimpin kubu Demokrat di Senat AS, Harry Reid, menentang rencana pembangunan masjid dan Islamic Center di Lower Manhattan, yang berlokasi tak jauh dari lokasi Ground Zero. Meski Konstitusi AS menjamin kebebasan beragama, namun Senator Reid mengingatkan agar masjid itu dibangun di tempat lain saja.

"Amandemen Pertama (Konstitusi AS) melindungi kebebasan beragama. Senator Reid menghormati itu, tapi masjid seharusnya dibangun di tempat lain," ujar anggota Senat dari Nevada, Jim Manley seperti dikutip AFP, kemarin.

Komentar Manley itu muncul setelah sebelumnya Presiden AS Barack Obama membuat pernyatan kontroversial tentang rencana pembangunan masjid di sekitar lokasi bekas serangan teroris 9/11. Akhir pekan lalu Obama mengatakan, perencana pembangunan masjid memiliki hak untuk membangun di situs di dekat Ground Zero. Meski demikian Obama tidak menegaskan apoakah dirinya setuju atau menolak pembangunan itu.

Sementara dari kubu Republik, termasuk mantan calon wakil Presiden pada Pilres AS Lalu, Sarah Palin, dengan tajam mengkritisi rencana untuk membangun Islamic Center dan masjid di lokasi yang hanya dua blok dari bekas Wordl Trade Center (WTC) yang lulh lantak diserang teroris dan kini tenar dengan sebutan Ground Zero itu.

Kubu Republik mengecam rencana tersebut karena membangun tempat ibadah Muslim di dekat lokasi di mana ekstrimis Islam menyerang AS, sama saja dengan menyerang korban 9/11. Kubu Republik juga memainkan isu itu untuk menghadapi Partai Demokrat pada pemilihan umum November mendatang. Pemilu itu akan menentukan pemegang kendali Kongres AS selanjutnya.

Jumat (13/8) pekan lalu, Obama mengaku memahami emosi yang terikat dengan isu itu. Namun Obama juga menunjukkan keyakinannya yang tak tergoyahkan tentang kebebasan beragama yang dijamin Konstitusi AS.

"Saya percaya bahwa Muslim memiliki hak yang sama untuk mempraktikkan agama mereka, sebagaimana orang lain di negeri ini. Dan itu termasuk hak untuk membangun tempat beribadah dan sebuah pusat komunitas di bangunan milik pribadi di Lower Manhattan, sesuai dengan aturan dan hukum setempat (New York)," ujar Obama.

Namun sehari kemudian, Obama mengklarifikasi bahwa dia tidak menanggapi kebijakan dalam pengambilan keputusan untuk mengizinkan pendirian masjid di lokasi yang dianggap "suci". Meski demikian, jauh-jauh hari Walikota New York, Michael Bloomberg, menegaskan bahwa dirinya tidak akan melarang pendirian masjid dan Islamic Center di dekat Ground Zero itu. (ara/jpnn)

0 komentar:

Posting Komentar