Selasa, 08 Juni 2010

Hanyut, Seorang Bocah Belum Ditemukan

Padang news-Upaya pencarian terhadap dua bocah korban terseret arus sungai batang Bayang memasuki hari ke tiga oleh tim Search and Rescue (SAR) yang diperkuat lima annggota Marinir, PMI dan masyarakat mulai membuahkan hasil.

Satu dari dua bocah yang tenggelam dan terseret arus sungai batang Bayang Sabtu pukul 10.30 itu, berhasil ditemukan Senin pagi pukul 06.00 WIB dalam keadaan tidak bernyawa, di bibir pantai muara pasar baru Bayang, atau sekitar 10 kilometer dari TKP. Setelah diidentifikasi, diketahui bernama Eval 9. Sedangkan Fengki 9, yang sama-sama terseret arus sungai batang bayang itu, sampai berita ini diturunkan belum berhasil ditemukan.

Korban yang berhasil ditemukan ini, telah diserahkan kepihak keluarga dan dikebumikan hari itu juga di makan keluarga di kampung lubuk begalung Talaok kecamatan Banyang. "Untuk memaksimalkan pencarian pada hari ke tiga terhadap satu korban lagi, tim SAR menurunkan tiga perahu dengan melibatkan 30 personil yang berasal dari tim SAR, TNI, PMI dan relawan masyarakat nelayan bersama satu perahu pula," ungkap Zulkipli Komandan tim SAR Pessel.

Sekarang pencarian satu korban Eval yang belum ditemukan ini lebih dikosentrasikan dengan tenik menyusuri bibir pantai dan pulau-pulau sekitar. Sebab, dengan ditemukanya Fengki di bibir pantai dengan jarak 10 kilometer dari TKP, menunjukan bahwa dua korban ini berkemungkinan sama terseret hingga pantai.

Petunjuk lain juga didapat oleh Tim SAR dari salah seorang nelayan yang pergi memancing tadi pagi (kemarin red) bahwa ada mayat yang terapung di belakang pulau semangki, sekitar 20 kilometer dari bibir pantai muaro Bayang. Karena takut, nalayan itu tidak berani mengambil korban dan segera ketepi melapor kepada regu penyelamat.

"Setelah dilakukan pencarian oleh tim yang dipandu nelayan yang melapor itu, ternyata mayat itu tidak ada lagi dilokasi yang ia maksut," jelasnya.

Dengan diperkuatnya pencarian oleh tim dari Marinir, PMI dan masyarakat dengan jumlah kapal sebanyak empat unit ini, maka kemungkinan akan ditemukan cukup besar, sebab mereka di pencar hingga empat penjuru dengan menyisiri pantai dan pulau-pulau sekitar.

Jika belum ditemukan juga, maka kita akan melakukan koordinasi dengan keluarga dan pemerintah setempat, sebab sesuai protap jika sampai hari ke tiga pencarian belum juga membuahkan hasil, maka untuk melanjutkan pencarian perlu koordinasi lebih jauh. "Yang jelas kita akan mengupayakan agar pencarian ini bisa dilanjutkan hingga maksimal," tutupnya.PTD.

0 komentar:

Posting Komentar