Rabu, 02 Februari 2011

Internet di Mesir Mulai Menyala

Internet di Mesir Mulai Menyala

Rabu, 02 Februari 2011, 18:23 WIB
Smaller Reset Larger
AP
Internet di Mesir Mulai Menyala
Sukarelawan mengamankan jalannya demonstrasi di Alexandria, Mesir, Selasa (2/2).

Padangnews.com-,KAIRO-Pemerintah Mesir tampaknya berupaya memenangkan suasana pascapidato Presiden Mubarak yang menjanjikan transisi kekuasaan secara damai dan demokratis. Rabu, seiring dengan himbauan militer agar rakyat menghentikan demonstrasi, pemerintah kembali mengoperasikan layanan internet di Mesir yang sempat menghilang beberapa hari.

Tak hanya itu, seperti dilaporkan televisi lokal, pemerintah juga mengendorkan pemberlakukan jam malam dari semula pukul 3 sore hingga 8 pagi menjadi pukul 5 sore hingga 7 pagi.

Selasa malam, Mubarak menyampaikan pidato yang menegaskan dirinya tak akan mundur dan akan menghabiskan sisa masa kepresidenan untuk mengawal transisi kekuasaan. Ia juga mengatakan tak akan mencalonkan diri kembali menjadi presiden.

Senin malam lalu pemerintah menghentikan satu penyedia layanan internet terakhir yang masih beroperasi di Mesir. Tiga hari sebelumnya, sebagian besar layanan internet ditutup. Ini menyusul pemblokiran terhadap akses Twetter di Mesir.

Pada hari-hari pertama gelombang demonstrasi di mesir, jaringan sosial di Internet dimanfaatkan oleh kelompok oposisi untuk menggalang massa dan mengkampanyekan tuntutan Mubarak terhadap Mubarak. Dan hal ini terbukti ampuh.

0 komentar:

Posting Komentar